Pages

Minggu, 23 Oktober 2011

Keuntungan Apple Naik 85 Persen



Jakarta: Perusahaan teknologi terbesar dunia, Apple, melaporkan keuntungan kotor tahunan naik sampai 85 persen dibanding tahun lalu. Hingga 25 September, Apple mencatat keuntungan kotor sebesar US$ 25,8 miliar, namun berita itu tidak cukup memuaskan bursa Wall Street dan saham Apple sempat turun hampir 5 persen.

Agaknya para investor kecewa dengan penampilan Apple pada kuartal keempat, yang tidak meluncurkan produk baru utama. Padahal penjualan iPhones pada kuartal keempat mencapai 17,1 juta unit atau naik 21 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Bagaimanapun para pengamat memperkirakan penjualan iPhone pada kuartal itu sebanyak 20 juta unit. "Angka itu lemah. Mereka harus menetapkan rekor setiap hari mereka dalam membuat laporan untuk meningkatkan momentum," kata Colin Gillis dari BGC Partners.

Apple mengatakan penjualan pada bulan September terhambat karena para pelanggan menunggu iPhone 4S, yang dilempar ke pasar pada 14 Oktober. Dalam waktu hanya tiga hari, iPhone 4S terjual sebanyak empat juta.

Sementara itu penjualan iPad meningkat pesat sampai 166 persen dibanding tahun lalu dengan volume 11,12 juta unit. Sedangkan produk klasik komputer Mac terjual 4,9 juta atau meningkat 27 persen. Laporan keuangan ini merupakan yang pertama sejak salah seorang pendiri Apple, Steve Jobs, meninggal pada 5 Oktober karena menderita kanker pankreas.(BBC/ADO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar