Pages

Selasa, 22 Maret 2011

Nintendo 3DS Bantu Masalah Penglihatan Anak

 Spesialis mata Amerika Serikat menyambut kehadiran Nintendo 3Ds dengan mengabaikan peringatan produsen layar 3-D. Sebelumnya dikatakan produk ini tidak boleh digunakan anak-anak usia 6 tahun atau kurang sebab dapat berbahaya bagi penglihatan mereka sebelum dewasa.


Sebaliknya, para dokter mata mengatakan, mendapatkan anak-anak Anda mencoba layar 3-D merupakan ide yang bagus, terutama jika mereka lebih muda dari 6 tahun. Menurut mereka itu tidak berbahaya dan itu bisa membantu menangkap gangguan penglihatan lebih cepat untuk diperbaiki.
“3DS bisa menjadi berkah untuk mengidentifikasi anak-anak di bawah 6 yang membutuhkan terapi visi,” kata Dr Michael Duenas, associate director untuk ilmu kesehatan dan kebijakan untuk American Optometric Association, Ahad (20/3).
Pada perangkat permainan genggam baru itu telah tersedia di Jepang dan mulai dijual di Amerika Serikat pada tanggal 27 Maret dengan harga US$ 250. Permainan ini memiliki dua layar seperti mesin DS yang dirancang untuk menggantikan. Layar atas dapat menampilkan gambar 3-D, tanpa perlu kacamata khusus, meskipun hanya permainan baru yang akan ada di 3-D. Sepasang kamera pada 3DS dapat digunakan untuk mengambil gambar 3-D.
“Jika anak Anda tidak melihat efek 3-D pada 3DS, itu tanda bahwa ia mungkin memiliki gangguan penglihatan seperti amblyopia atau “mata malas,” atau masalah yang lebih halus yang dapat menyebabkan masalah membaca,” kata Duenas. “Anak-anak yang mengalami pusing atau ketidaknyamanan juga harus diperiksa,” katanya.
Sistem 3-D ini mengirim foto yang berbeda untuk mata kanan dan kiri, suatu teknik yang menciptakan ilusi kedalaman. Tetapi banyak isyarat yang kita gunakan untuk melihat kedalaman di lingkungan kita yang hilang. Hal tersebut membingungkan mata dan membuat mata lelah serta banyak orang sakit kepala dengan menonton film 3-D. Karena itu, dokter mata mengatakan, sistem ini dapat membantu mengisolasi masalah yang harus dilakukan dengan cara memindahkan mata, masalah yang tidak tertangkap oleh grafik mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar