Pages

Rabu, 23 Maret 2011

Honda Alihkan Impor Komponen Motor ke Thailand

 Produksi sepeda motor PT Astra Honda Motor (AHM) terpengaruh sangat kecil oleh dampak gempa dan tsunami� di Jepang, yang membuat perusahaan itu mengalihkan sementara impor komponen dari Jepang ke Thailand. "Dampak dari gempa di Jepang, pengaruhnya sangat kecil sekali. Kami masih bisa melakukan produksi sesuai rencana," kata Presdir AHM Yusuke Hori, di Jakarta, Kamis (17/3).


Ia mengatakan saat ini sebagian besar komponen sepeda motor yang dirakit di Indonesia berasal dari dalam negeri. Menurut Hori, komponen lokal untuk sepeda motor bebek telah mencapai 98 persen. Demikian pula untuk sepeda motor matik, komponen lokalnya telah menembus angka di atas 90 persen. "Di luar komponen lokal itu, ada (komponen) dari negara anggota ASEAN yaitu Thailand. Sedangkan komponen dari Jepang kecil sekali," ujarnya.

Komponen yang masih diimpor dari Jepang itu, kata dia, ada bagian komponen yang kecil dari mesin sepeda motor.
Ditambahkan Eksekutif Wakil Presdir Johannes Loman, bagian komponen yang kecil dari mesin sepeda motor yang selama ini diimpor dari Jepang tersebut bisa disubtitusi dari Thailand. Selain itu, menurutnya, pabrik sepeda motor Honda di Jepang hanya tutup sementara pada 15 sampai 20 Maret. "Pabrik (sepeda motor) Honda tidak mengalami kerusakan parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar