Pages

Selasa, 25 Oktober 2011

Ingin Wisata Angkasa? Siapkan Rp 1,7 M



New Mexico: Terminal antariksa komersial pertama di dunia, Virgin Galactic, telah resmi dibuka untuk umum. Terminal buatan miliarder Inggris Richard Branson itu menjadi bagian pariwasata Spaceport America yang terletak di gurun terpencil di selatan New Mexico, Amerika Serikat.

Acara pembukaannya pun dihadiri langsung oleh Brenson pada Senin (17/10) kemarin. Branson bergabung dengan Gubernur Susana Martinez, astronot Buzz Aldrin dan sejumlah calon wisatawan ruang angkasa di terminal. Menurut Brenson, pengerjaan landasan pacu pesawat sudah hampir berlangsung setahun.

"Bangunan ini benar-benar megah," kata Brenson seperti dikutip Washington Post. "Ini benar-benar berbeda dari bangunan yang ada di dunia dan itu lah tujuan kami untuk membangun gedung ini," tambahnya.

Bangunan ini akan menjadi rumah pesawat ruang angkasa Virgin Galactic, kontrol misi dan area persiapan bagi wisatawan. Tiket untuk menaiki pesawat WhiteKnightTwo akan dikenakan biaya US$ 200.000 atau Rp 1,7 miliar. Penerbangan selama dua setengah jam ini akan mencakup melihat pemandangan bumi yang sampai saat ini hanya bisa dilihat oleh para astronot.

Dengan terminal antariksa dan kapal induk terselesaikan, saat ini pihak perusahaan akan menyelesaikan tes roket. "Kami menyiapkan tes akhir yang dalam perjalanan ke ruang angkasa," kata Branson.

Brenson berharap tes penerbangan pesawat ruang angkasa Virgin Galactic ini sudah bisa dilakukan sampai akhir tahun 2012 dan segera memulai penerbangan suborbital komersial dari pelabuhan antariksa itu. Lebih dari 450 orang sudah membeli tiket untuk peenrbangan dengan Virgin Galactic. Sekitar 150 orang lainnya juga menghadiri upacara pembukaan tersebut.

Sebelum memasuki ke ruang penyimpanan pesawat, para pengunjung berkeliling ke flyover dengan WhiteKnightTwo, pesawat induk yang nantinya akan membawa wisatawan ruang angkasa dalam penerbangan suborbital.

Dengan dana US$ 209 juta yang didanai oleh pembayar pajak, terminal antariksa ini akan menjadi stasiun peluncuran orang dan muatan di kapal roket yang tengah dikembangkan untuk Virgin Galactic. Dengan panel logam kustom dan panel kaca besar, terminal ini berdasar lantai gurun dan diubah menjadi landasan beton seluas hampir 2-mil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar