Pages

Selasa, 08 Maret 2011

Toyota Sukses Jual Tiga Juta Mobil Hibrida

 Liputan6.com, London: Toyota Motor Corporation (TMC) mencatat angka penjualan 3,3 juta unit mobil hibrida, yang tersebar di seluruh dunia sampai 28 Februari 2011, demikian pernyataan resmi dari pihak TMC, Selasa (8/3).


Tren mobil hibrida Toyota dimulai pada 1997 di Jepang. Ketika itu TMC meluncurkan Coaster Hibrida EV pada Agustus, dan Prius --mobil hibrida pertama di dunia yang diproduksi secara massal-- pada Desember.

Mobil-mobil hibrida ini dipasarkan di Amerika Utara, Eropa dan pasar potensial lain pada era 2000. Generasi kedua Prius menyusul diluncurkan pada 2003, sedangkan versi ketiganya meluncur pada Mei 2009. Sebanyak 2 juta unit mobil hibrida terjual hingga Agustus tahun yang sama.

Pada 2011, TMC memperluas pasar mobil hibridanya dengan meluncurkan Lexus CT 200h, mobil pertama yang khusus diproduksi untuk segmen premium-compact.

Sampai saat ini TMC telah menjual 16 model mobil hibrida ke setidaknya 80 negara dan kawasan di seluruh dunia, termasuk 3 model komersial di Jepang. TMC juga tengah menyiapkan sepuluh model lain yang kabarnya akan diluncurkan akhir 2012, termasuk 6 model baru dan 4 model yang didesain ulang.

TMC memperkirakan bahwa mobil yang diproduksinya telah menghasilkan sekitar 18 juta ton emisi CO2 dari pipa knalpot mobil berbahan bakar bensin dengan ukuran dan performa yang sama.

TMC menyatakan komitmennnya untuk mengembangkan dan mempopulerkan mobil-mobil ramah lingkungan, untuk menambah jajaran kendaraan hibrida dengan bahan bakar kombinasi bensin-listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar