Pages

Senin, 21 Maret 2011

Julian Assenge Puji Prajurit David Manning

Julian Assenge, pendiri website WikiLeaks, kepada ITV Inggris Kamis (3/3), memuji tentara yang diduga memberikan dokumen rahasia AS kepada websitenya sebagai “pahlawan tak tertandingi.”


Para pendukung Bradley Manning, melaporkan bahwa prajurit angkatan darat itu, tengah ditahan “dalam lubang” di penjara pangkalan Korps Marinir Quantico di Virginia, demikian AFP melaporkan. “Manning dikabarkan berada di penjara selama 10 bulan dalam kurungan sendirian, tanpa pengadilan, merupakan perlakukan kejam,” kata Assange dalam program berita tersebut. David Coombs. Pengacara Manning, mengakui bahwa kliennya “secara teknis tidak ditahan dalam kurungan sendirian,” tetapi mengklaim bahwa prajurit tersebut dalam tahanan dengan kondisi “sangat tidak ramah.”
“Dia, terlepas apakah tuduhan tersebut benar atau salah, adalah tahanan politik nomor satu,” tambah Assange. “Jika tuduhan ini benar, dia pahlawan tak tertandingi. “Lihat apa yang sedang terjadi di Timur Tengah sebagai hasil dari beberapa materi yang telah kami terbitkan.”
Manning diijinkan keluar selnya hanya selama satu jam per hari untuk berolahraga di luar ruangan atau senam di dalam ruangan, katanya. “Terkait dengan kasus Bradley Manning, sangat jelas pemerintah AS sedang mencoba untuk membuka melalui kurungan sendirian hingga menyebabkan kehancuran emosional,” kata House kepada ITV.
Sekretaris pers Pentagon Geoff Morrell menyangkal Manning sedang dianiaya, mengatakan Kamis (3/3): “Ada 30 orang dalam koridor letter-U, jadi dia tidak berada dalam lubang. Dia tidak sendirian. Dia diperbolehkan bercakap-cakap dengan mereka di koridor itu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar